Post Single Template - Guna Ulang Aja

Aktivis Komunitas GUA Perkenalkan Program Kerja ke Pusat Pengembangan Generasi LHK

  • Komunitas GUA akan menggelar pelatihan Metode 3R dalam tata Kelola sampah kepada Gen Z, pada 16 Desember 2023.  

envira.id, BSD – Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PPGLHK)  mengapreasi beragam aktivitas yang dilakukan oleh Komunitas Guna Ulang Aja (GUA). Sejauh ini Komunitas GUA antara lain melakukan kampanye dan edukasi  praktik guna ulang barang dan wadah atau kemasan untuk mengurangi timbulan sampah.

“Setelah mendengarkan paparan dari Komunitas GUA, saya melihat kegiatannya sangat variatif mulai dari peningkatan kapasitas hingga aksi nyata,” kata Kepala Bidang Pembinaan Wirausaha Kreatif PPGLHK Iwan Setiawan saat menerima para aktivis Komunitas GUA, di kantornya, Kamis, 7 Desember 2023.

Menurut Iwan, apa yang dilakukan Komunitas GUA dengan aksi nyata yakni memberikan edukasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) ke sekolah mulai dari Tingkat SD hingga komunitas memiliki kesamaan dengan program KLHK, yakni sekolah Adiwiyata. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan hidup peduli dan bertanggung jawab  dalam penyelamatan lingkungan.

Suasana audiensi di PPGLHK.

“Kita membina sekolah formal dari SD- SMA untuk dapat menerapkan program sekolah Adiwiyata, yang merupakan Gerakan peduli berbudaya lingkungan di sekolah. Kami siap mendukung kegiatan GUA, karena visinya sama untuk penyelamatan lingkungan,” kata Iwan.

Sejatinya, Komunitas GUA dijadwalkan beraudiensi dengan Kepala Pusat PGLHK Sinta Saptarina Soemiarno. Namun Sinta sedang bertugas ke Dubai.

Saat menerima aktivis Komunitas GUA, Iwan Setiawan ditemani oleh para pejabat fungsional. Mereka memberikan semangat agar Komunitas GUA terus melakukan aksi nyata untuk kebaikan lingkungan. Tak hanya itu, mereka juga memberikan tantangan bagi komunitas GUA, agar bisa mendorong produsen-produsen untuk membuat produk-produk refill.

“Semoga dengan Gerakan yang dilakukan oleh komunitas GUA, akan semakin banyak retailer yang bisa menyediakan produk-produk refill, mendorong produsen membuat produk tidak berkemasan, apalagi sasetan, coba dieliminir,” kata Diah Utami Sulistiyani, Pejabat Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya PPGLHK.

Ia menambahkan Komunitas GUA juga  lebih banyak memberikan informasi tempat-tempat belanja reuse kepada masyarakat. “Semakin banyak Masyarakat teredukasi dan terinformasi, maka kami berharap akan semakin besar Gerakan GUA untuk mendorong reuse,” kata dia.

Koordinator Komunitas GUA Ardianto Prabowo menyatakan sangat optimis Komunitas GUA dapat bergerak lebih luas dengan dukungan banyak pihak , terutama KLHK. “Banyak program GUA yang beririsan dengan program KLHK sehingga kita bisa berkolaborasi dalam melakukan perubahan prilaku, norma dan etika Masyarakat terhadap persoalan sampah,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Ardianto menginformasikan  Komunitas GUA  akan menggelar pelatihan Metode 3R dalam tata Kelola sampah kepada Gen Z, pada 16 Desember 2023.  GUA berharap Kepala Pusat PPGLHK Sinta Saptarina dapat hadir untuk membuka acara tersebut.

Iwan Setiawan menjawab bahwa PPGLHK sangat mendukung kegiatan Komunitas GUA yang tujuannya memberikan peningkatan kapasitas bagi generasi muda. “Insya Allah, kami akan hadir, karena kami mendukung kegiatan yang mendorong peningkatan kapasitas dan perubahan perilaku masyarakat untuk bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan,” kata Iwan.

Penulis: Putri Maharani dan Nida Lutfia.

Foto: Diky Shlehudin.

Add a Comment

Your email address will not be published.

All Categories
Avalaible
Space Advertisement

Avalaible

Hubungi Kami

Information

0859-3500-1377