Hubungi Kami

085935001377

Alamat Email

komunitas.gua@gmail.com

Basecamp Kawan Gua

Vila Pamulang Mas ,Pamulang, Tangsel

Komunitas GUA Kampanye Gaya Hidup Reuse di IIPE 2023

Komunitas Guna Ulang Aja (GUA)  berkolaborasi dengan Izifill, perusahaan startup water station dan Animal Defenders Indonesia kembali melakukan kampanye gaya hidup reuse (guna ulang) di Indonesia Internasional Pet Expo (IIPE) 2023, di ICE BSD, Tangerang Selatan mulai 1-3 September 2023. Kali ini sasarannya adalah para pecinta hewan peliharaan.

Komunitas GUA mengkampanyekan gaya hidup reuse dengan membagi-bagikan tumbler bagi pengunjung yang dapat menjawab kuis tentang reuse. Tentu sebelumnya, mereka diberi penjelasan  tentang apa itu prinsip guna ulang atau reuse.

Diantara pengunjung, tak sedikit yang telah mempraktikan gaya hidup reuse, misalnya dengan membawa tumbler. Saat tumbler mereka kosong, mereka mengunjungi booth GUA-Izifill untuk mengisi air mineral melalui dispenser digital yang disediakan Izifill. Senyum sumringah, setelah air di tumbler penuh, lalu meneruskan kegiatannya menjelajahi area expo.

Doni Herdaru Tona, pendiri Animal Defenders Indonesia, shelter bagi anjing dan kucing yang terlantar, di Kawasan Parung, Bogor  mengakui bahwa dirinya sudah biasa mempraktikan reuse dengan mengguna ulang barang yang masih bisa dimanfaatkan kembali.

Komunitas GUA bersama Doni Herdaru Tona, pendiri Animal Defenders Indonesia.

Oleh karenanya Doni mendukung Komunitas GUA yang terus mengkampanyekan  gaya hidup guna ulang untuk mengurangi sampah, utamanya sampah kemasan produk.

“Kita harus kurangi sampah, kita harus mulai melakukan aksi nyata. Komunitas GUA telah menjalankan hal tersebut, guna ulang aja Coy,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang lakukan Komunitas GUA sejalan dengan harapan para pecinta hewan yakni tetap terjaganya  keleastarian bumi .

“Kalau kita menggunakan barang dan masih bisa reuse, reuse terus, over and over, jangan langsung dibuang. Kampanyekan reuse, kalau terpaksa udah jadi sampah baru didaur ulang,” kata Doni.

Dukungan buat Komunitas GUA juga datang dari Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk, Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi Sulistyo. Seusai membuka Indonesia Internasional Pet Expo (IIPE) 2023, pada 1 September lalu Budi sempat berbincang dengan beberapa anggota Komunitas GUA. Ia minta agar kampanye gaya hidup guna ulang terus digalakkan.

“Di lingkungan kantor saya sudah menjalankan reuse. Semangat terus ya Komunitas GUA untuk mengajak lebih banyak  orang  mempraktikkan reuse untuk pelestarian lingkungan,” kata Budi.

IIPE 2023 adalah event yang ke-9, diikuti oleh  195 brands dan lebih dari 20 komunitas hewan peliharaan. Diselenggarakan oleh Temali Indonesia, expo kali ini mengusung tema “The Enchanting World Pet”, menampilkan beragam hewan peliharaan, mulai dari kucing, anjing, burung, ikan, hingga binatang melata, seperti ular.

Beragam kontes ketangkasan hewan peliharaan juga dipertontonkan di event yang menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 70 ribu orang itu.

Koordinator Komunitas GUA, Ardianto Prabowo, menyatakan gaya hidup guna ulang harus terus disosialisasikan terutama kepada  Gen Z dan kaum milenial. Jika mereka menerapkan praktik guna ulang dalam keseharian maka akan terjadi pengurangan sampah cukup siginifikan.

Ia mengambil contoh, pemakaian totebag saat berbelanja akan mengurangi sampah kantong atau tas plastik

“Di IIPE ini kami mengkampanyekan  prinsip reuse. Kami berharap, generasi muda smart memilih produk guna ulang dan melakukan praktik guna ulang untuk mengurangi sampah dan mencegah perubahan iklim,” kata Bowo, sapaan akrab Ardianto Prabowo.

admin
Author: admin

Add a Comment

Your email address will not be published.

All Categories
Avalaible
Space Advertisement

Avalaible

Hubungi Kami

Information

0859-3500-1377