Hubungi Kami

085935001377

Alamat Email

komunitas.gua@gmail.com

Basecamp Kawan Gua

Vila Pamulang Mas ,Pamulang, Tangsel

Menteri ESDM Minta Komunitas GUA Gencarkan Kampanye Gaya Hidup Reuse

Tangerang- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM, Arifin Tasrif, mendorong Komunitas Guna Ulang Aja (GUA) untuk terus mengkampanyekan gaya hidup  atau guna ulang atau reuse umtuk menekan  jumlah timbulan  sampah.

Ia minta agar Komunitas GUA masuk ke sekolah – sekolah,  mengedukasi para siswa tentang pentingnya menerapkan praktik guna ulang wadah atau kemasan.

“Ayo masuk ke sekolah dan ajak mereka untuk mengurangi sampah, ” kata Arifin Tasrif saat berkunjung ke stand Komunitas  GUA, pada  Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023 ke-11 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Rabu 12 Juli 2023.

Komunitas GUA  ambil bagian dalam event ini berkolaborasi dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Arifin Tasrif berkeliling area pameran tak lama setelah membuka  Indonesia EBTKE ConEx 2023 ke-11, yang mengusung tema ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emission 2060’.

Saat  berkunjung ke stand Komunitas GUA-UBSI, Menteri Arifin bertanya apa itu GUA? Setelah,mendapat paparan singkat, ia pun mengapresiasi apa yang dilakukan komunitas ini. Ia juga meminta agar Komunitas GUA gencar  mengkampanyekan penggunaan kembali wadah atau kemasan, terutrama kepada anak-anak muda.

Komunitas GUA adalah sebuah perkumpulan yang  peduli pada prinsip guna ulang (reuse) kemasan.  Program utama komunitas ini yakni melakukan eduaksi tentang pengurangan sampah dengan cara melakukan praktik guna ulang wadah atau kemasan produk dalam keseharian.

Menteri Arifin tampak kaget ketika salah seorang anggota Komunitas  GUA,.. menyerahkan tumbler yang dihiasi karikatur dirinya.  “Serius nih buat saya, wah bagus ini, terima kasih. Teruskan ya edukasinya ke sekolah-sekolah agar semakin banyak yang teredukasi” ujarnya.

Tak hanya dikunjungi oleh Menteri, stand GUA-UBSI juga didatangi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam. Ia meminta agar Komunitas GUA tak kendor dalam mengkampanyekan gerakan reuse. “Ayo semangat dan lanjutkan,” ujarnya.

Komunitas GUA berkolaborasi dengan  UBSI hadir pada event ini untuk mendukung Indonesia mencapai Net Zero Emission (NZE)  atau nol bersih emisi pada tahun 2060, seperti terpampang dalam tema pameran.

Menteri Arifin dalam sambutannya saat membuka  EBTKE ConEx 2023, mengatakan, Indonesia tengah berusaha untuk mencapai NZE, salah satunya dengan mendorong  berbagai macam energi baru dan terbarukan (EBT).

“Dengan infrastruktur yang mendukung, kita akan menyalurkan semua sumber potensi EBT, dan pada tahun 2060 diharapkan jaringan interkoneksi antar pulau bisa terbangun, sehingga seluruh masyarakat yang berada di pelosok juga bisa memperoleh sumber energi,” jelasnya.  (suray)

admin
Author: admin

Add a Comment

Your email address will not be published.

All Categories
Avalaible
Space Advertisement

Avalaible

Hubungi Kami

Information

0859-3500-1377