Hubungi Kami

085935001377

Alamat Email

komunitas.gua@gmail.com

Basecamp Kawan Gua

Vila Pamulang Mas ,Pamulang, Tangsel

Komunitas GUA Gelar ToT Edukasi Metode 3R Dalam Pengelolaan Sampah

  • Peserta sangat antusias. Mereka mengaku mendapat banyak pengetahuan baru, juga bisa berjejaring dengan  dengan sesama pecinta lingkungan.  

gunaulangaja.id, Jakarta – Sebanyak 29 orang mahasiswa mengikuti Training of Trainer (ToT) edukasi metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah  yang diselenggarakan oleh Komunitas Guna Ulang Aja (GUA), di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yaspina, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Selasa, 27 Juni 2023.

Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Islam Negeri  (UIN) Syarif Hidayatulah, Jakarta, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)  dan Universitas Pamulang (Unpam).

Komunitas GUA menggelar ToT sebagai persiapan sebelum melakukan edukasi metode 3R  ke sekolah – sekolah. “Kami, Komunitas GUA,  berencana masuk ke sekolah sekolah. Nantinya teman – teman yang mengikuti ToT inilah yang akan mengedukasi para siswa,” kata pendiri Komunitas GUA, Eni Saeni.

Dalam ToT para peserta tidak hanya diberi pengetahuan tentang metode 3 R saja tetapi juga soal kondisi persamahan global dan nasional. Dengan begitu, diharapkan mereka menjadi  mengerti dan  paham pentingnya edukasi  penanganan sampah di level konsumen atau masyarakat.

Eni menuturkan, dari seluruh peserta akan dipilih 15 orang mahasiswa untuk diberi  pelatihan lagi sebelum diterjunkan ke sekolah – sekolah. “Materi yang diberikan masih berupa pengantar tentang pengelolaan sampah berbasis 3R. 15 Peserta terpilih sebagai mentor akan mengikuti pemantapan atau penguatan materi  di sesi berikutnya,” ujarnya.

Para peserta sangat antusias mengikuti ToT ini.  Salah seorang peserta,  M Farhan, Rizky mengatakan  dirinya  tertarik ambil bagian dalam ToT karena geregetan dengan buruknya kondisi lingkungan terutama persampahan.

“Saya ingin mengubah dunia,” kata mahasiswa semester empat Fakultas Komunikasi, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) itu.

Farhan mengaku setelah mengukitu ToT  wawasannya tentang  lingkungan utamanya persampahan menjadi lebih terbuka. “Banyak informasi yang kami dapat. Acara seru, “ ujarnya.

Kesan serupa dikemukakan oleh peserta lain, Najwa Azizah Waatihelu. Mahasiswa Fakultas Kimia, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah, mengatakan, dari ToT ini dirinya mendapat banyak  pengetahuan baru terkait sampah.

“Jadi tahu tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar. Juga tentang pengurangan sampah  plastik dengan cara mengguna ulang tumbler dan totebag,” katanya. (*)

Penulis : Suray

admin
Author: admin

Add a Comment

Your email address will not be published.